Do It Yourself : Membuat Backsound Amplifier menggunakan Super OCL 500 Watt

Lama vakum dari dunia maya, saya sibuk dengan mencari pekerjaan yang tidak kunjung saya dapatkan. Hanya mengikuti psikotes dan sampai pada tahap  akhir tetapi tidak diterima juga. Akibatnya saya merasa bahwa tidak cocok bekerja di perusahaan orang lain. Pada akhirnya saya memutuskan berhenti sejenak dari dunia mencari pekerjaan dan beralih pada kegiatan yang positif. Ada salah satu hobby dalam diri saya yang menurut saya dapat menghasilkan uang, yaitu hobby dengan sound system. Bagi saya hobby ini cukup membuat hati saya merasa senang dan tenang dalam menjalani hidup yang keras ini. hehehehe.

Langsung saja pada topik pembahasan. Untuk membuat Amplifier ini sebenarnya susah-susah gampang. bagi orang awam elektro bagi saya sudah bisa membuatnya kok. yang penting harus memiliki pemahaman dasar mengenai elektro. Dan kebetulan saya sejak SMP menyukai mata pelajaran IPA terutama pada pembahasan reproduksi elektronika listrik. Bahan yang diperlukan untuk membuat Backsound Amplifier ini yaitu:
  1. Trafo 10 Ampere 45vct
    Trafo Rakitan
  2. Trafo 2 Ampere 18vct
  3. Kit Power Amlifier (disini saya menggunakan Super OCL 500W)

  4. TR Final 2 pasang (Bisa menggunakan Sanken / Toshiba. kebetulan saya menggunakan Sanken)
  5. Mika TR Final (sanken)
  6. Headshink TR Final
  7. Kiprok atau Dioda Bridge
  8. Elco 10000 uF/100volt
  9. Kit Tone Control + Echo Mic

  10. Kit Power Supply Symetrical
  11. Kabel listrik sebanyak 3 dengan warna yang berbeda dan panjang menyesuaikan
  12. Kabel audio secukupnya
  13. Box Kayu
  14. Speaker full Range 15 inch + tweeter
Langkah yang harus dilakukan:Amplifier

  1. Rangkai Kit Power Amplifier dengan TR Final, Mika TR Final dan Headshink. saat pemasangan TR Final jangan sampai keliru pin outnya. perhatikan dahulu jalur kutub pada Power Amplifier dan sesuaikan dengan pinout pada TR Final
  2. Trafo 10 A 45vct, Kiprok dan Elco 10000 uF/100volt dirangkai menjadi satu agar menjadi rangkaian Power Supply Symetrical. Fungsinya adalah sebagai Power Supply pada kit Power Amplifier

  3. Rangkaikan Trafo 2 A 18vct dengan kit Power Supply Symetrical. Setelah jadi selanjutnya pasangkan rangkaian tersebut menuju Kit Tone Control + Echo Mic
  4. Selanjutnya gabungkan semua rangkaian menjadi satu. Dari output Kit Tone Control + Echo Mic menuju rangkaian Power Amplifier.
  5. Dari output Power Amplifier menuju ke Speaker
  6. Coba dahulu nyalakan semua perangkat. dan sambungkan dengan player music. Bila sudah terasa enak didengar selanjutnya buatlah Box Speaker untuk menempatkan semua rangkaian diatas.

Demikian artikel ini dibuat. salam solder panas

Komentar